Join us on Facebook

Selamat datang di blog yang amat sederhana ini. kami membutuhkan kritik dan saran juga komentar dari anda semua agar blog kami menjadi lebih baik, Terima kasih atas kunjungan anda

Gambar

Gambar
Loading...

Masukkan Kode Menu Di Sini

Poll

Thursday, April 25, 2013

Lompat Jauh Gaya Lenting

LOMPAT JAUH GAYA MELENTING / MENGGANTUNG
            Lompat jauh merupakan salah satu nomor dalam cabang olahraga atletik. Tujuan lompat jauh ialah melakukan lompatan sejauh mungkin dengan teknik dan prosedur yang telah ditetapkan.
           
            Sementara itu, lompat jauh gaya menggantung merupakan salah satu gaya dalam nomor lompat. Pada dasarnya, teknik yang dimiliki setiap gaya dalam nomor lompat jauh sama saja. Namun perbedaannya terletak saat sikap di udara,seperti lompat jauh gaya menggantung. Teknik gerakan ini disebut sebagai gaya menggantung karena sikap tubuh saat berada di udara seperti menggantung atau melenting sehingga gaya ini juga dikenal
sebagai lompat jauh gaya lenting. Berikut akan diuraikan keterampilan teknik lompat jauh gaya menggantung yang harus Anda kuasai.



Teknik lompat jauh gaya menggantung
a. Awalan
Awalan lompat jauh gaya menggantung dilakukan dengan cara lari cepat dari jarak 35-45 meter. Namun, jarak tersebut tidak mutlak, tetapi disesuaikan dengan kemampuan mencapai kecepatan maksimal setiap pelompat.

b. Tolakan
Tolakan merupakan upaya untuk mendapatkan lompatan yang tinggi dan jauh. Teknik ini dilakukan oleh salah satu kaki yang terkuat.

c. Saat berada di udara
Pada posisi ini, setiap gaya dalam lompat jauh dapat terlihat. Selain itu, gaya yang digunakan dapat memengaruhi hasil lompatan. Sebagaimana gaya berjalan di udara, gaya menggantung pun merupakan gaya yang sering digunakan oleh para pelompat nasional dan internasional. Teknik saat di udara ini, badan harus diusahakan melayang selama mungkin di udara dalam keadaan seimbang.

d. Pendaratan
Pendaratan merupakan upaya mendaratkan tubuh pada bak pasir. Saat mendarat, pelompat harus melakukan teknik pendaratan yang baik dan benar. Jika terjadi kesalahan maka akan merugikan pelompat sendiri. Pendaratan yang baik yaitu ketika jatuh menggunakan kedua kaki dan tangan ke depan, jangan sampai badan atau tangan jatuh ke belakang karena dapat membahayakan bagi si pelompat itu sendiri.

     Hal-hal yang perlu diperhatikan pada tahap pendaratan :
  • Harus dilakukan dengan sadar agar gerakan yang tidak perlu dapat dihindari
  • Untuk menghindari rasa sakit atau cedera pendaratan sebaiknya dilakukan denga kedua belah kaki Sejajar dan tumit terlebih dahulu mendarat di pasir dengan posisi mengepit
  • Sebelum tumit menyentuh pasir, kedua kaki harus benar-benar diluruskan/dijulurkan ke depan. usahakan agar jarak antara kedua kaki jangan terlalu berjauhan, karena semakin lebar jarak antara kedua kaki berarti akan semakin mengurangi jauhnya lompatan
  • Untuk menghindari agar tidak jauh duduk pada pantat, maka setelah tumit berpijak di pasir, kedua lutut segera ditekuk dan badan dibiarkan condong terus jauh ke depan
  • Setelah melakukan pendaratan jangan keluar atau kembali ke tempat awalan melewati atau menginjak daerah pendaratan dengan papan tumpuan

Latihan lompat jauh gaya menggantung
Bagi pemula bila ingin meningkatkan keterampilan teknik lompat jauh gaya menggantung harus dilakukan latihan yang intensif. Beberapa bentuk latihan untuk mengembangkan keterampilan teknik lompat jauh gaya menggantung sebagai berikut.

a. Latihan lompat tanpa awalan
   Cara melakukan lompat tanpa awalan sebagai berikut.

  1. Berdiri di atas bangku dengan ketinggian 30 cm. Kemudian, lakukan lompatan ke bawah sambil melentingkan badan.
  2. Berdiri di tepi bak pasir dengan menggunakan dua kaki, kemudian melompat ke bak pasir sambil menggantungkan badan.

b. Latihan lompat jauh gaya menggantung dengan awalan
   Cara melakukan lompat jauh gaya menggantung dengan awalan sebagai berikut.
   1) Lari dengan awalan 3 sampai 5 langkah. Kemudian, tolakkan salah satu kaki pada
       papan tolak.
   2) Lakukan awalan dari jarak 10 meter, kemudian lakukan tolakan dengan kuat dan
       mendaratlah di bak lompat.
     
       Tujuan utama lompat jauh ialah melompat sejauh-jauhnya dari papan tolak ke bak
       pasir. Untuk dapat melakukannya, Anda perlu memerhatikan beberapa hal penting,
       antara lain sebagai berikut.
        a. Tidak mengubah kecepatan berlari sampai mencapai papan tolak.
        b. Capailah dorongan yang cepat dan dinamis dari papan tolak.
        c. Koordinasi ayunan lengan dan gerak kaki harus harmonis.
        d. Gerakan dilakukan dengan kecepatan dan kekuatan yang maksimal.
        e. Teknik pendaratan harus dilakukan dengan tepat.
        f. Kuasai gerakan koordinasi seluruh badan.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment