Join us on Facebook

Selamat datang di blog yang amat sederhana ini. kami membutuhkan kritik dan saran juga komentar dari anda semua agar blog kami menjadi lebih baik, Terima kasih atas kunjungan anda

Gambar

Gambar

Masukkan Kode Menu Di Sini

Poll

Friday, June 21, 2013

8 Jenis Makanan untuk Mengatasi Peradangan di Usus


Banyak penyakit yang awalnya berasal dari masalah dalam usus. Usus yang mengalami peradangan memiliki efek terhadap timbulnya penyakit. Peradangan di usus kebanyakan disebabkan oleh pola makan yang
salah. Sehingga, peradangan ini perlu segera disembuhkan agar tidak merembet untuk menimbulkan penyakit lain.

Dikutip dari MindBodyGreen, ada beberapa jenis makanan yang memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi atau antiradang. Makanan berikut ini membantu pencernaan lebih sehat dan merangsang sehatnya tubuh Anda.
Mangga

1. Mangga

Buah ini memiliki antioksidan quercetin dan iso quercetin yang melindungi dari kanker usus besar. Mangga juga kaya vitamin A, C, dan Karotenoid yang berfungsi meningkatan kekebalan tubuh dan melawan peradangan.

 

2. Pepaya
Pepaya

Buah yang sangat bagus untuk mengatasi sembelit ini memiliki enzim proteolitik bernama papain dan chymopapain. Fungsi enzim tersebut adalah menekan risiko peradangan dan meningkatkan penyembuhan penyakit. Vitamin C, E, dan beta karoten yang dimilikinya berguna untuk mengatasi peradangan.

 

3. Jahe

Bumbu dapur ini bermanfaat sebagai antiradang dan sekaligus mencegah kanker usus.

 

4. Kunyit

Kunyit memiliki zat kurkumin sebagai antioksidan, antiradang, dan antikanker. Kunyit juga memiliki sifat antijamur dan antibakteri.

 

5. Kayu manis

Zat yang berfungsi sebagai antiradang adalah sitokin. Kayu manis juga berfungsi sebagai antibakteri dan antivirus.

 

6. Biji rami dan kenari

Keduanya mengandung asam lemak omega-3 yang berguna untuk mengatasi peradangan.

 

7. Probiotik

Yogurt
Probiotik adalah bakteri baik dan ramah terhadap tubuh yang berfungsi membantu pencernaan makanan. Di dalam usus, bakteri tersebut akan melawan bakteri jahat yang merugikan tubuh sehingga jumlahnya bisa ditekan.Probiotik biasa ditemukan pada susu fermentasi, yoghurt, dan sebagainya.

 

8. L-Glutamine
L-Glutamine

Ini adalah asam amino untuk meningkatkan fungsi encernaan dan sistem kekebalan tubuh. Glutamin dapat pula memperbaiki kerusakan usus, membantu lapisan usus untuk tumbuh, dan mengurai kerusakan yang disebabkan oleh kebocoran usus.

0 komentar:

Post a Comment